ABSTRAKSI
Belajar adalah salah satu aktivitas manusia dari akhir sampai mati, baik itu di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di lingkungan pendidikan formal.
Seperti yang penulis kemukakan diatas, bahwa belajar merupakan salah satu aktiVIII tas manusia yang bertujuan untuk mencapai cita-cita. Didalam belajarnya seseorang dipengaruhi oleh faktor. Dan sekian banyak faktor yang mempengaruhi itu secara garis besarnya dapat dibagi dalam klasifikasi yakni faktor intern dan faktor ektern.
Dengan demikian seorang guru sebagai penanggung jawab dalam kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah atau di dalam kelas, dalam usaha mencapai tujuan belajar siswa perlu aadanya kondisi lingkungan belajar mengajar yang efektifg dan efesien. Dalam hal ini seorang guru dituntu untuk selalu membuat siswanya mempunyai keinginan atau dorongan untuk belajar yang dikenal dengan istilah motivasi. Sebab tanpa motivasi yang relevan, kegiatan belajar sulit untuk berhasil.
Sehubungan dengan uraian di atas, penulis cenderung dalam penyusunan skripsi ini mengambil judul : Hubungan Motivasi Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL FALAH Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan Tahun 2013.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah :Adakan Pengaruh motivasi guru terrhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Pancassila dan Kewarganegaraan apada siswa Kelas VIII MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL FALAH Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan Tahun pelajaran 2012/2013
Berdasarkan hasil analisa statistik terbukti memperoleh hasil 0,873 dengan kriteria dari korelasi Product Moment untuk N = 30 dengan taraf kepercayaan 5% yaitu 00,31 dan taraf signifikan 1 % yaitu 0,436 maka r kerja lebih besar.
Dari hasil analisa data untuk dua variabel di atas maka hipotesis nihil yang berbunyi : tidak ada pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada kelas V MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL FALAH Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan ditolak dan hipotesa kerja yang menyatakan bahwa ada pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas V MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL FALAH Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan diterima.