Home / File / VARIASI BAHASA KARYAWAN DAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DAERAH BANGKALAN

VARIASI BAHASA KARYAWAN DAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DAERAH BANGKALAN


Version
Download 22
Total Views 184
Stock
File Size 106.50 KB
File Type pdf
Create Date June 24, 2015
Last Updated November 28, 2016
Download

VARIASI BAHASA KARYAWAN DAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DAERAH BANGKALAN
Junal, S.Pd., M.Pd.
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bangkalan
Jalan Soekarno-Hatta 52 Bangkalan Madura. Telp. 0313092325

Abstrak
Berbahasa Indonesia yang baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu yaitu pada situasi formal. Penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku, tapi fenomena yang ada adalah banyaknya kendala yang muncul misal perbedaan latar belakang sosial, profesi, umur, jenis kelamin, etnis dan sebagainya. Sehingga bahasa yang digunakan menjadi amburadul dan secara tidak langsung menempatkan pada pembicaraan yang santai tidak mengikat kaidah bahasa di dalamnya.
Sejalan dengan perkembangan bahasa sebagai alat komunikasi yang senantiasa berubah mengikuti perkembangan jaman, maka perubahan segmen – segmen bahasa juga terjadi di masyarakat. Perubahan bahasa tersebut mengakibatkan adanya variasi kebahasaan. Hal itu sangat memungkinkan adanya permasalahan – permasalahan kebahasaan yangg muncul. Disinilah ilmu bahasa dibutuhkan unutuk memecahkan masalah yang ada, khususnya pada aspek sosiolinguistik.
Variasi Bahasa Karyawan dan pengunjung Perpustakaan Daerah Bangkalan ini berlatar belakang bahwa dalam kehidupan manusia tidak lepas dari bahasa sebagai alat komunikasi. Karyawan dan pengunjung perpustakaan daerah Bangkalan merupakan pengguna bahasa dan penutur bahasa yang memiliki ciri khas tersendiri. Dalam interaksinya muncul variasi – variasi bahasa yang dilatar belakangi oleh perbedaan latar belakang sosial, pendidikan, umur, jenis kelamin, etnis, profesi dan perkembangan bahasa yang dinamis. Sebuah penalitian kebahasaan dapat dianalisis dengan pendekatan kebahasaan pula. Tentunya dengan menerapkan teori kebahasaan yang telah ada. Variasi karyawan dan pengunjung perpustakaan daerah Bangkalan merupakan salah satu bahasa yang mempunyai ciri khusus dalam penggunaannya sehingga menarik untuk diteliti.
Pada masyarakat Bangkalan, penutur bahasa minimal menguasai dua bahasa atau lebih. Dengan demikian merekka lebih leluasa untuk menciptakan kode – kode tertentu atau sekaligus mampu menggunakan dalam peristiwa yang berlainan. Adanya perbedaan latar belakang pendidikan, umur, keluarga sosial, jenis kelamin, etnis, agama dan perkembangan bahasa yang dinamis sehingga memunculkan bahasa yang amburadul, membuat terciptanya variasi bahasa yang khas. Sangatlah menarik ketika kita mengamati peristiwa pengguna bahasa dengan latar belakang penutur yang sangat heterogen. Mereka akan menggunakan kode – kode bahasa secara bergantian. Hal ini dapat dijumpai pada karyawan dan pengunjung perpustakaan daerah Bangkalan.

Kata Kunci : Variasi Bahasa Karyawan dan Pengunjung Perpustakaan

About stkipbkl