Home / File / BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI AKRONIM BAHASA INDONESIA DALAM RADAR MADURA

BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI AKRONIM BAHASA INDONESIA DALAM RADAR MADURA

  • Version
  • Download 82
  • File Size 55.50 KB
  • File Count 1
  • Create Date June 24, 2015
  • Last Updated November 28, 2016

BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI AKRONIM BAHASA INDONESIA DALAM RADAR MADURA

BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI AKRONIM BAHASA INDONESIA

DALAM RADAR MADURA

Junal, S.Pd., M.Pd.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRi bangkalan

Jalan Soekarno-Hatta 52 Bangkalan Madura. Telp. 0313092325

 Abstrak

Bahasa merupakan bagian dari kehidupan masyarakat penuturnya. Pentingnya bahasa tidak perlu diragukan lagi. Bahkan di sisi lain bahasa mengalami perubahan sejalan dengan perubahan dan perkembangan dalam masyarakat. Dalam tindak komunikasi semakin sering ditemukan kependekan kata baru. Sementara manusia selalu mencari cara yang termudah dan tersingkat untuk mencapai tujuan sehingga dapat menghemat tenaga, biaya, dan waktu. Berkaitan dengan pemanfaatan penyingkatan kata dalam komunikasi tulis cara penyingkatan seringkali digunakan dalam media massa, seperti koran atau majalah.

Akronim adalah singkatan yang berupa gabungan huruf awal kata, gabungan suku kata, ataupun gabungan dan suku kata dari deret kata yang disingkat (Finoza, 1993:32). Ada tiga bentuk akronim beserta cara penulisannya. Makna akronim adalah makna sebenarnya yang terkandung dalam kata. Akronim bisa digunakan sebagai pentingkat frase atau nama, semboyan, dan media humor. Penggunaan akronim memberi pengaruh yang sangat besar terhadap pemakai bahasa. Radar Madura merupakan salah satu koran yang dapat memacu perkembangan wilayah Madura.

Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang ada, ternyata frekuensi penggunaan akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal cenderung menempati frekuensi yang paling sedikit, antara penggunaan akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata dan akronim bukan nama diri. Selain itu, penggunaan akronim yang sudah umum dikenal dalam masyarakat cenderung tidak disertai keterangan kepanjangan. Padahal seharusnya tetap harus disertakan agar tidak mengganggu pemahaman pembaca. Makna yang terkandung dalam kata akronim mengandung makna sebenarnya. Fungsi akronim dalam setiap kata sebagian besar sebagai penyingkat frase atau nama, tetapi ada juga yang berfungsi sebagai media humor.

Kata kunci: Bentuk, Makna, dan Fungsi Akronim.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

About stkipbkl